Membuat login dengan Firebase Authentication di Android

Simple Login dengan Google Accounts

Firebase Authentication

Halo semuanya, di story pertama saya ini, akan membahas dan memberikan cara bagaimana membuat aplikasi login, dengan menggunakan accounts google atau istilahnya login by google. Yang dapat dijadikan refensi untuk belajar ataupun menambah fitur di aplikasi kalian.
Yukk langsung lanjut ke pembahasan.

Firebase Authentication

Firebase Authentication adalah solusi backend yang menyeluruh untuk login dengan sandi, penyedia identitas federasi, link email, dan pesan teks. Firebase auth sendiri juga telah mendukung autentikasi menggunakan sandi, nomor telepon, penyedia identitas gabungan yang populer, seperti Google, Facebook, dan Twitter, dan lain-lain.
Makin penasaran? Lanjut.

Persiapan

1. Buat project di Android Studio terlebih dahulu (Create New Project).

2. Pilih template untuk project nya (disini kita pilih Empty Activity), lalu Next.

3. Configurasi project (disini kita menggunakan bahasa kotlin), lalu Finish.

4. Menyiapkan Firebase dengan membuka Tools>Firebase

5. Setelah itu akan membuka Assistant Firebase klik saja “Email and password authentication” selanjutnya ada tombol “Connect to Firebase” kalian klik saja.

6. Nanti akan diarahkan ke browser untuk membuat project, seperti ditampilan pertama kalian bisa tambah project baru, setelah itu memberi nama untuk project nya, lalu klik saja Buat project dan tunggu proses pembuatan nya.

7. Setelah sudah selesai dibuatkan project nya klik saja Lanjutkan, lalu akan tampil pop up untuk menghubungkan Aplikasi Android dengan Firebase, klik Hubungkan, dan yayy project sudah terhubung dengan Firebase.

8. Setelah aplikasi telah terhubung dengan Firebase, kembali ke android studio untuk menambahkan beberapa dependencies tambahan kedalam project dengan cara klik “Add Firebase Authentication to your app” lalu muncul pop up itu kalian “Accept Changes” saja dan tunggu sebentar sampai “✔Dependencies set up correctly”.

9. Selanjutnya buka Gradle seperti yang ditunjukan lalu buka Tasks>android dan klik 2x di “signingReport”, Setelah itu copy SHA1 seperti di contoh.

10. Selanjutnya kembali ke browser, dan masuk ke console.firebase.google.com dan pilih project yang sudah kalian buat tadi lalu masuk ke Authenticaion dan klik Mulai.

11. Aktifkan Google Sign-In-Method nya, next kalian pilih email kalian dan simpan, dan yayy sudah aktif.

12. Selanjutnya masuk ke Setelan Project, lalu klik Tambahkan sidik jari, kalian bisa paste kode SHA1 yang telah kalian copy dari Android Studio tadi, dan terakhir Simpan

Huhh, lumayan juga yang perlu disiapkan ya.
Apa? Sudah ngga sabar coding? Yukk lah.

Let’s Code

Skenario kali ini, kita akan membuat sebuah aplikasi yang ketika baru membuka aplikasi tersebuat akan menampilkan loading screen atau biasa disebut splash screen, lalu mengarahkan ke halaman login yang berisi sebuah tombol untuk sign in, ketika berhasil masuk akan diarahkan ke halaman dashboard menampilkan data user yang sedang login dan tombol untuk sign out.
Buruan kuyy! Gass.

1. Pertama pastikan dependensi di build.gradle kalian ada dependensi berikut, jika belum ada tambahkan.

2. Buka file MainActivity.kt dan isi seperti code snippet MainActivity

3. Buka file activity_main.xml di folder res/layout/disini. Samakan seperti code snippet.

4. buat activity baru yaitu “SignInActivity” di New/Activity/Empty Activity lalu masukan nama activity nya. Setelah selesai dibuat isi file SignInActivity.kt seperti code snippet dibawah.

5. Isi juga file activity_sign_in.xml seperti code snippet berikut.

6. Buat activity baru lagi yaitu “DashboardActivity” caranya sama seperti di atas, lalu isi dengan code snippet berikut.

7. Terakhir samakan juga file activity_dashboard.xml dengan code snippet dibawah.

Output

Akhir Kata

Sampai disini seharus nya aplikasi berjalan dengan baik dan tidak ada masalah, huhh mungkin segitu dulu story kali ini. Terima kasih untuk kalian yang sudah membaca sampai bawah sini. Kalian luar biasa. 😚
Jika suka dengan tulisan ini, kasih Clap kalian dibawah atau disamping ya, support dari kalian untuk story selanjutnya, and feel free to ask me. 😉

Learn, do, anything